Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

pelajaran-Pelajaran Hidup yang terlambat Manusia Pelajari: Motivasi dan Pelajaran Hidup Bahagia dan Sukses

Daftar isi [Tampil]

Diri kita ini terbatas, terbatas oleh waktu dan ruang sedangkan kehidupan ini begitu luas dan mungkin tidak terbatas begitu banyak hal yang kita lewatkan dan begitu banyak pula hal yang tidak kita ketahui.

Sialnya kadang kita melewatkan hal-hal yang justru itu adalah sesuatu yang penting, sebaliknya justru kita terlalu sibuk dengan hal-hal yang sebenarnya tidak penting, sebelum kita terlambat terlalu jauh. Mungkin kita bisa evaluasi bersama siapkan secarik kertas atau catatan Apakah kamu setuju atau tidak dengan hal-hal Berikut ini adalah pelajaran - pelajaran yang terlambat orang pelajari di dalam hidupnya. :

1. Hidup tidaklah lama

Coba kita ingat lagi masa kecil kita, ingatan itu seperti baru kemarin. Tiba tiba kita sudah sebesar ini. Dan pertanyaannya adalah, sudah sampai mana kita hidup? Apa yang sudah kita dapatkan? Taruh saja rata - rata umur orang indonesia adalah 60 tahun. Jika rata - rata manusia tidur selama 8 jam sehari maka waktu efektif dalam hidup kita hanyalah 40 tahun, artinya kita tidur selama 20 tahun.

2. Bahwa semua yang ada di dunia ini hanyalah sementara

Hidup ini hanya sementara, termasuk segala hal yang ada didalamnya. Kita harus menyadari itu. Sehingga kita tidak terlarut dalam hal yang sementara itu. Hidup pasti ada sedihnya, tapi sadarilah bawah kesedihan itu cuma sementara, kelak pasti kita akan bahagia.

Bahagia juga sementara, sadari bahwa kelak kita akan mengalami sedih. Oleh karena itu jangan berlebihan ketika kita sedang sedih, dan jangan berlebihan pula ketika kita bahagia

Kesukaran juga sementara, kelak pasti akan ada kemudahan. Pertemanan juga sementara, kelak akan berpisah juga. Ujian juga sementara, kelak kita akan mendapatkan hasil.

Begitulah hidup itu, bahwa segala hal itu sementara, tak ada yang abadi. Jadi jangan terlalu risau dengan hidup ini. Karena roda terus berputar. Tetaplah berpikir positif.

3. Keluarga lebih berharga dari teman

Berapa banyak teman akrab kita ketika SMP yang kita tinggalkan? Berapa banyak teman akrab SMA yang berpisah dengan kita karena kuliah di tempat berbeda? Berapa banyak teman-teman kita yang berpisah dengan kita?

Baca juga : Seperti inilah ciri - ciri Teman Yang Baik itu

Tapi ingat, sampai sekarang kita masih pulang dirumah yang sama, di keluarga yang sama. Ketika ada masalah, kita akan pulang, kemana lagi kalau bukan pulang kerumah, pasti ujung - ujungnya kita akan pulang kepada keluarga.

Kadang memang ayah dan ibu kita kurang asyik diajak bercerita, kadang mungkin ayah ibu kita seperti tidak memahami masalah yang kita alami. Tapi yakinlah, merekalah orang yang paling menanggung hidupmu, merekalah yang pada akhirnya yang sepenuhnya rela untuk berkorban untukmu.

4. Pengorbanan itu manis

Bahwa pengorbanan yang kamu lakukan saat ini, akan berbuah manis di masa depan. Disetiap titik umur kita pasti ada sebuah penyesalan. Kenapa dulu aku tidak menabung? Kenapa dulu aku tidak belajar lebih giat? Kenapa dulu tidak pernah mendengarkan nasehat orang tua?

Kemudian setelah waktu berlalu, kita baru menyadari bahwa menabung itu penting, belajar juga penting, mengikuti nasehat orang tua juga penting. Nah, ubahlah mindset kita sekarang, berkorbanlah hari ini untuk masa depan yang lebih cerah. Tidak ada kata terlambat

5. Jangan mengorbankan kesehatan

Mengorbankan kesehatan untuk mendapatkan uang tidaklah menguntungkan. Harta terbesar diri kita adalah diri kita sendiri, yaitu jasad kita. Syukuri bahwa kita masih sehat, masih punya tubuh yang sempurna. Jangan korbankan kesehatan hanya demi untuk uang lebih, karena untuk apa punya banyak uang kalau kita tidak bisa menikmatinya karena kita sakit - sakitan

6. Jangan Terlalu takut dan berhenti untuk mencoba

Begitu banyak peluang disekitar kita, dan sering kita tidak mendapatkannya, karena kita takut resiko dan takut untuk mencobanya. Begitu banyak orang sukses yang harus gagal diawal usahanya, namun karena mereka tidak berhenti dan melawan rasa takutnya, akhirnya mereka mendapatkan kesuksesan.

7. Sesuatu tidak seindah yang kita kira. Syukuri apa adanya

Ketika kamu kecil kamu merengek pengen dibelikan sesuatu, karena teman temanmu yang lain punya sesuatu tersebut. Tapi ternyata setelah kita punya, ternyata tidak seperti yang kita bayangkan..

Ketika orang lain punya motor terbaru, kita juga pengen punya, kita korbankan banyak hal, kita jual motor yang lawas kemudian membeli yang baru, bahkan berkorban dengan berhutang. Tapi ternyata ketika kita punya motor baru itu, alah rasanya tidak ada yang spesial, sama saja.

Jadi terkadang keinginan itu seperti indah ketika kita belum memilikinya, tapi ketika sudah memiliki ternyata tidak seperti yang kita bayangkan sebelumnya

Jadi syukuri saja apa yang ada, dan sadari bahwa yang kita inginkan tidak seindah yang kita bayangkan. Agar kita berhati - hati dan pandai mengelola nafsu.

8. Dibalik malam pasti datang pagi

Selama apapun sebuah malam, pasti kelak akan datang pagi. Tidak peduli seberapa berat hidup kita sekarang, mungkin sekarang kondisi kita masih sulit, yakinlah pasti kelak akan menemukan jalan keluar. Jalani langkah demi langkah, dan tetap berpikir positif

9. Marah dan dendam tidak menguntungkan

sesekali kita pasti pernah marah kepada orang lain, mungkin memang karena orang lain berbuat jahat kepada kita, kita ditipu, kita di jauhi, kita direndahkan dan kemudian di dalam diri kita pasti ada rasa marah dan dalam kemarahan itu pasti ada terbersit dalam diri kita untuk membalas apa yang orang lain perbuat kepada kita.

Kita berpikir orang itu harus merasakan apa yang sudah kita rasakan tapi ternyata itu sama menyimpan kemarahan hanyalah akan membuat hidup kita menjadi sempit, kita menjadi uring-uringan menjadi tidak bahagia disinilah kita harus belajar tentang seni memaafkan, memang sulit tapi pasti bisa 

10. Dunia ini luas

Dunia ini lebih luas dari pada yang kita bayangkan, ada sebuah kata kunci merantaulah maka kamu akan melihat sesuatu yang baru, kita harus sadari bahwa dunia ini luas di luar sana masih banyak masih banyak tempat yang jauh, masih banyak ilmu yang jauh lebih, masih banyak teknologi yang jauh lebih canggih dan masih banyak pengalaman yang jauh.

Coba kita agendakan berkunjung ke suatu tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya dan rasakan sebuah pengalaman yang baru pergilah cari yang baru.

Itulah pelajaran - pelajaran hidup yang sering terlambat manusia pelajari , kita masih muda, kita masih sehat, jangan sia-siakan waktu yang masih ada, tetap sehat tetap semangat kira kamu suka dengan tulisan ini share dan jangan lupa ikuti terus blog ini untuk mendapatkan notifikasi yang inspiratif yang menarik yang lain

Posting Komentar untuk "pelajaran-Pelajaran Hidup yang terlambat Manusia Pelajari: Motivasi dan Pelajaran Hidup Bahagia dan Sukses"

Ingin Mendukung Kami Bisa melalui Halaman Donasi